BOOTH STANDART

BOOTH STANDART

Rabu, 07 Februari 2018
Admin
BOOTH STANDART


img-1517989321.jpg

Booth atau stand pameran merupakan garda depan marketing bagi perusahaan Anda saat mengikuti pameran. Metro Exhibits, salah satu pameran dagang terbesar di Amerika Serikat, menemukan bahwa memanfaatkan peluang di pameran dagang merupakan salah satu teknik pemasaran perusahaan yang dapat melampau teknik pemasaran lain. Hal ini disebabkan ajang pameran dagang merupakan kompetisi antar perusahaan yang memungkinkan untuk bertemu konsumen dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

Booth yang menarik akan mendatangkan banyak konsumen sehingga dapat meningkatkan peluang transaksi yang terjadi.

Untuk membuat stand pameran yang menarik, sebagai pemilik perusahaan, Anda harus siap meluangkan waktu, uang maupun upaya kreativitas yang maksimal. Untuk mendapatkan peluang investasi yang besar bagi perusahaan, maka usaha optimal untuk membangun booth atau stand yang menarik merupakan salah satu ‘pengorbanan’ yang tidak akan menyakitkan bukan?

Sebelum merancang dan membangun booth atau stand pameran ada baiknya Anda melakukan persiapan singkat. Baik itu ketika Anda mendesain tampilan dan membangun booth secara mandiri ataupun menggunakan jasa kontraktor pameran yang saat ini semakin banyak ditemukan. Beberapa langkah persiapan tersebut adalah dengan menemukan beberapa referensi dalam menentukan konsep, tipe dan target pasar.

1. Konsep perusahaan sebagai tampilan fisik booth pameran

Langkah awal sebelum mendesain sebuah rancangan baru dalam mengikut pameran adalah menentukan konsep, mereview kembali bisnis perusahaan.

Peninjauan tersebut meliputi aspek merk dan pemasaran, sejarah perusahaan, sasaran bisnis, sasaran pasar, produk/jasa yang dipromosikan, pesaing, proses penjualan, merek dan cara komunikasi pemasaran pada pameran.

Seluruh tinjauan informasi tersebut kemudian diringkas menjadi konsep visual dan elemen pendukung desain dan perancangan stand pameran yang mengintepretasikan jiwa perusahaan Anda.

2. Menentukan ukuran dan tipe stand pameran

Standar booth yang terkecil digunakan dalam sebuah pameran untuk Indonesia, Singapore, Malaysia atau sebagian besar negara-negara asia adalah 3m x 3m dengan ketinggian 2,4m, sedangkan di Eropa biasanya ditambahkan 1 meter.

Stand pameran dapat berupa stand massif maupun stand bongkar pasang (knockdown), sedangkan untuk konfigurasi booth yang biasa digunakan antara lain adalah in-line booth, peninsula booth, corner booth, island booth dan split-island booth.

Untuk lebih jelasnya mengenai konfigurasi sebuah stand pameran Anda bisa bacanya di Kenali Jenis Booth dan Stand yang Cocok untuk Perusahaan & Organisasi Anda

Jika Anda menggunakan jasa kontraktor pameran, tipe booth dapat didiskusikan lebih jauh dengan penanggung jawab perusahaan kontraktor pameran tersebut. Namun, sebagai referensi, variasi tipe display booth yang dapat Anda gunakan untuk perusahaan antara lain :

  1. Banner stand
  2. Tabletop display
  3. Pop-up display
  4. Modular exhibit

3. Menentukan target pasar (consumen targeting)

Stand pameran tidak hanya merupakan tempat untuk mempromosikan produk barang atau jasa dari perusahaan, tetapi juga tentang bagaimana menarik konsumen. Meyakinkan konsumen dengan menjelaskan manfaat dan daya guna dari produk atau jasa perusahaan merupakan salah satu cara untuk menggaet pembeli.

Sebuah perusahaan perlu melakukan riset pasar untuk menggolongkan segmentasi pasar dalam menetapkan sasaran pasar. Segmentasi pasar dapat diperoleh dengan cara mengelompokkan konsumen (pembeli) ke dalam kelompok ciri yang hampir sama.

Segmentasi pasar bertujuan untuk mengkaji dan mencari segmen pasar yang dihadapi oleh perusahaan Anda, menilai segmen pasar dan membuat keputusan mengenai jumlah dari segmen pasar yang akan dilayani oleh perusahaan.

Sebagai info tambahan, berikut ini merupakan variasi dari jenis konsumen di dalam sebuah pameran maupun perdagangan pada umumnya :

  1. The decided but mistaken customers, adalah konsumen yang secara langsung memutuskan barang yang dikehendaki. Meskipun penjual merasa bahwa pilihan konsumen tersebut tidak sesuai, penjual tidak perlu memperdebatkan namun cukup memberitahu manfaat barang tersebut secara lebih jauh.
  2. The silent timid customers, adalah pembeli yang merasa canggung jika pengetahuan yang dimiliki tentang barang yang diinginkan diketahui oleh penjual yang bersangkutan saat ia bertanya.
  3. The talkative customers, adalah penjual yang suka berbicara.
  4. The “I get discount” customers, adalah konsumen yang menginginkan potongan harga dari barang-barang yang dibeli.
  5. The decided customers, adalah konsumen yang sudah mengetahui dan memutuskan barang apa yang dibeli sehingga menuntut penjual untuk memberikan informasi khusu.
  6. The deliberate customers, adalah konsumen yang menginginkan fakta maupun nasehat tentang cara menggunakan barang dan sangat mempertimbangkan waktu
  7. The undecided customers, adalah konsumen yang tidak dapat memutuskan barang yang hendak dibeli
  8. The know it all customers, adalah konsumen yang seakan-akan mengetahui segalanya. Sehingga dalam kasus ini penjual perlu memberikan keterangan yang bijaksana dan tepat.

Setelah berhasil menentukan rancangan booth, lokasi pendirian booth juga merupakan salah satu hal penting. Lokasi menentukan prestasi, petuah ini juga dapat diaplikasikan untuk pendirian stand pameran.


Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

 Indonesia
 Indonesia